Menjadi Pendengar Yang Baik

3030955-poster-p-1-3030955-the-future-of-work-this-infographic-will-tell-you-what-music-you-should-listen-to-at-wor

Termasuk adab yang baik ketika ada orang lain yang menyampaikan sesuatu kepada kita adalah mendengarkannya dengan baik dan seakan-akan baru mendengar hal tersebut pertama kali dari dia.

Atha’ bin Abi Robah rahimahullah berkata “Ada seseorang yang menyampaikan sesuatu kepada saya, akan saya dengarkan baik-baik seakan-akan saya belum pernah mendengarnya sebelum itu, padahal saya sudah tau sebelum orang itu lahir.”

Dan termasuk juga adab yang baik ketika ada orang lain yang berbicara adalah dengan tidak memutus pembicaraan orang lain dan tidak mendahuluinya untuk melanjutkan pembicaraan tersebut.

Ibnu Abdil Barr rahimahullah berkata dalam kitabnya Bahjatul Majalis “Termasuk adab yang buruk di dalam berbincang dengan orang lain, engkau putus pembicaraan orang sebelum selesai, engkau dahului dia untuk melanjutkan pembicaraan yang dia mulai, engkau ingin mengesankan bahwa engkau lebih paham dari dia, maka ini adalah puncak dari adab yang buruk dalam berbicara. Yang wajib adalah engkau dengarkan baik-baik, seakan-akan engkau belum pernah mendengar ceritanya kecuali dari dia.”

_____________

Sumber : Faidah kajian dari Ustadz Mukhtar hafizhahullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: