3 Tipe Teman

mug

قال العلامة ابن عثيمين رحمه الله تعالى

Berkata al’ Allamah Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah,


« الأصدقاء قسمهن إلى ثلاث أصدقاء

Teman terbagi menjadi 3 tipe :

الأول : صديق منفعة : وهو الذي يصادقك ما دام ينتفع منك بمال ، أو جاه ، أو بغير ذلك ، فإذا انقطع الانتفاع فهو عدوك لا يعرفك ولا تعرفه ، وما أكثر هؤلاء ، وما أكثر الذين يلمزون في الصدقات

1. Teman Manfa’ah
Yaitu orang yang berteman denganmu selama dia bisa mengambil manfaat darimu, entah itu harta, kedudukan, atau yang lain. Jika manfaat tersebut terputus maka ia menjadi musuhmu, dia tidak mengenalmu dan kamu tidak pula mengenalnya. Dan alangkah banyaknya orang semacam ini, alangkah banyaknya orang yang mencela dalam masalah shodaqoh. Firman Allah subhanahu wata’ala :

( وَمِنْهُم مَّن يَلْمِزُكَ فِي الصَّدَقَاتِ فَإِنْ أُعْطُواْ مِنْهَا رَضُواْ وَإِن لَّمْ يُعْطَوْا مِنْهَا إِذَا هُمْ يَسْخَطُونَ ( التوبة : 58

“Dan di antara mereka ada orang yang mencelamu dalam masalah shodaqoh, jika mereka diberi sebagian dari shodaqoh tersebut, mereka bersenang hati, dan jika mereka tidak diberi sebagian darinya, dengan serta-merta mereka menjadi marah.” [QS. at-Taubah : 58]


صديق لك حميم ترى أنه من أعز الناس عندك ، وأنت من أعز الناس عنده يسألك يوم من الأيام يقول : أعطني كتابك أقرأ فيه ، فتقول : والله الكتاب أنا محتاج إياه غدًا ، فينتفخ عليك ويعاديك ، هل هذا صديق !؟ هذا صديق منفعة .

Anda memandang teman dekatmu itu termasuk di antara manusia yang paling lemah, dan anda dipandang sebagai manusia yang paling lemah pula olehnya. Jika pada suatu hari temanmu memohon kepadamu seraya berkata : “Pinjamkan kitabmu kepadaku, agar aku bisa membaca isinya?” Kemudian anda menjawab : “Demi Allah, aku juga membutuhkannya besok.” Lalu dia menjadi marah kepadamu dan memusuhimu. Apakah org semacam ini adalah teman? Orang semacam ini adalah teman manfa’ah.

الثاني : صديق لذة : يعني لا يصادقك إلا لأنه يتمتع بك في المحادثات والمآنسات والمسامرات ، ولكنه لا ينفعك ، ولا تنتفع به منه أنت ، كل واحد منكم لا ينفع الآخر ، ليس إلا ضياع وقت فقط ، هذا – أيضًا – احذر منه أن يضيع أوقاتك .

2. Teman Ladzdzah
Yaitu tidaklah dia menemanimu kecuali untuk bersenang-senang dengan anda, baik dalam berbincang-bincang, bersenda-gurau dan mengobrol. Akan tetapi dia tidak memanfaatkan anda dan anda pun tidak memanfaatkan dia. Setiap orang tidak saling memanfaatkan kepada yang lain, tiada lain hanyalah untuk menghabiskan/menyia-nyiakan waktu saja. Teman jenis ini juga aku peringatkan anda dari nya karena hanya menyia-nyiakan waktu anda.

الثالث : صديق فضيلة : يحملك على ما يزين وينهاك عن ما يشين ، ويفتح لك أبواب الخير ويدلك عليه ، وإذا زللت ينهاك على وجه لا يخدش كرامتك ، هذا هو صديق الفضيلة » أ.ھ

3. Teman Fadhilah
Yaitu teman yang membawamu kepada apa-apa yang memperindahmu dan melarangmu dari apa-apa yang memperburukmu. Dia juga membukakanmu pintu-pintu kebaikan dan menunjukkanmu kepada pintu tersebut. Dan jika anda tergelincir, maka dia melarangmu dengan suatu cara tanpa harus merobek/mencela kemuliaanmu. Maka inilah teman yang utama.

[ شرح حلية طالب العلم -102 ]

[Syarhu Hilyah Tholib al Ilm : 102]

————–

Sumber >> Grup WhatsApp Ahlus Sunnah Berkenalan yang diasuh oleh Ustadz Abu Syakir Syuhada hafizhahullah.

Tinggalkan komentar